Jadwal MOTOGP

Menuju


Absen Tes MotoGP Jerez, Honda Ungkap Kondisi Terkini Marc Marquez

Manajer Repsol Honda Alberto Puig mengungkapkan kondisi mata Marc Marquez belum pulih, tiga pekan setelah crash. Sang rider akan menjalani pemeriksaan lagi akhir tahun ini guna menentukan kelanjutan proses pemulihan.

 

Marc Marquez absen dari tes MotoGP Jerez pekan ini dan telah melewatkan dua balapan terakhir musim 2021. Juara dunia enam kali kelas premier itu terpaksa menepi lantaran mengalami cedera mata (diplopia) saat latihan jelang Grand Prix (GP) Algarve, tiga pekan lalu.

Proses pemulihannya baru saja dimulai. Kondisi mata Marquez masih bengkak dan menurut Alberto Puig, The Baby Alien akan melewati satu bulan ke depan sebelum mengetahui apa yang bisa diharapkan.

“Yang terpenting adalah bagaimana perasaanya (soal matanya). Ini seperti yang kami katakan (dari GP Algarve). Dia butuh waktu untuk istirahat, memulihkan diri dan melihat apakah area di sekitar mata yang bengkak membaik,” ujar Puig dalam situs MotoGP.com.

“Sekitar Natal, kami akan menjalani lebih banyak tes dengan dokter dan kemudian kita akan melihat bagaimana kondisinya. Kami mungkin akan membuat keputusan tergantung pada perkembangannya.”

Marc Marquez awalnya divonis menderita gegar otak ringan. Namun kemudian mengalami kelumpuhan saraf kanan keempat, yang menyebabkan masalah penglihatan. Cedera ini persis seperti yang didapat usai kecelakaan di Sepang 10 tahun lalu, saat masih di Moto2.

Ketika itu, pembalap kebangsaan Spanyol tersebut perlu menjalani operasi setelah menjalani beberapa minggu rehabilitasi. Langkah yang sama bukan tidak mungkin dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Pekan Rumit Tanpa Marquez

Absennya Marc Marquez dari tes Jerez artinya ia tidak dapat melihat dan merasakan perubahan yang dibuat Honda pada prototipe yang diluncurkan dalam pengujian sebelumnya di Misano, September lalu.

Ketika itu, Marquez menganggap itu sebagai salah satu perkembangan terbesar yang dilakukan Honda sejak comeback ke MotoGP pada April 2021 setelah harus absen selama sembilan bulan akibat cedera parah yang dialami dalam GP Spanyol tahun lalu.

“Tentu saja dia tidak senang karena melewatkan tes di sini (Jerez). Pada saat yang sama, dia mengerti bahwa dia perlu istirahat sekarang dan harus bersabar. Itu situasi yang dihadapinya saat ini,” tutur Puig.

Tanpa The Baby Alien, Honda harus mengandalkan pembalapnya yang lain untuk menguji model terbaru RC213V. Tetapi rekan setim Marquez, Pol Espargaro harus menunggu hingga hari terakhir tes, Jumat (19/11/2021), untuk mengendarainya.

Pol Espargaro, Repsol Honda Team

Pol Espargaro, Repsol Honda Team

Foto oleh: Gold and Goose / Motorsport Images

Ia lebih memilih menggeber mesin 2021 yang sudah dipahaminya di hari pertama, Kamis (18/11/2021), untuk menandai comeback-nya ke trek. Seperti diketahui, Espargaro mengalami crash parah dalam sesi latihan bebas GP Valencia, yang membuatnya terpaksa melewatkan balapan.

Rider asal Catalunya, Spanyol, tersebut masih menderita sakit pada tulang rusuk dan pergelangan tangannya. Karena itu Honda lebih bertumpu kepada duo LCR Takaaki Nakagami dan Alex Marquez pada hari pertama. Jelas ini kondisi yang tak ideal.

“Kami menjadi lebih sibuk karena tidak ada Marc (Marquez). Kami harus membagi pekerjaan antara tiga pembalap dan salah satunya belum sepenuhnya pulih dari cedera. Jadi itu (tes) tidak mudah,” kata Puig.

“Tetapi kami melakukan yang terbaik yang kami bisa. Para pembalap telah melakukan yang terbaik. Kami kurang lebih mengikuti program yang telah kami siapkan. Kami mengumpulkan banyak informasi seperti biasa.”

motorsport.com

Post a Comment